Tips Meningkatkan Index Blog atau WordPress

  • Whatsapp
index_status-1

Salah satu faktor SEO blog anda yang paling penting adalah banyaknya halaman web blog anda yang terindex di google. Semakin banyak halaman yang terindex, semakin bagus SERP anda di Google. Halaman yang terindex itu nantinya akan muncul saat ada orang yang mencari dengan kata kunci yang relevan.

Perlu diketahui, bahwa Googlebot (Robot Perayap Google) melakukan crawling(perayapan) pada situs anda setiap harinya. Anda bisa melihat status perayapan website/blog anda di Google Webmaster Tools > Crawl > Crawl Stats

TIPS MENINGKATKAN INDEX BLOG

Crawl Stats

Perayapan ini adalah cara google untuk mengetahui halaman-halaman yang ada di website anda, lalu mengindeksnya (menambahkan ke hasil pencarian). Namun, tidak semua halaman yang terayap akan diindeks/ditampilkan ke hasil pencarian. Hanya halaman-halaman tertentu yang memenuhi syarat Google yang akan diindeks ke mesin pencarinya.

Anda dapat melihat status pengindeksan anda di mesin pencari google lewat Google webmaster tools > Google index > Index status.

Index Status

Total indexed yang ditunjukkan oleh garis biru adalah jumlah total halaman website anda yang sudah ada di data pencarian google. Sedangkan Blocked by robots adalah halaman yang di blokir oleh file robots.txt anda supaya tidak terindeks Google.

Baca Juga :

CARA SUBMIT ARTIKEL KE GOOGLE

Halaman yang terindeks ini berubah-rubah tiap waktu, tergantung pada performansi dan konten website/blog kita. Ketika ada update Algoritma, biasanya akan ada perubahan yang tidak biasanya pada jumlah pengindeksan. Terkadang menurun, atau bahkan naik secara drastis. Hal ini tergantung pada teknik SEO yang anda pakai. Jika anda memakai Black hat SEO, bersiaplah untuk menerima penalti berupa penurunan drastis jumlah indeks anda. Bahkan bisa jadi website anda tidak diindeks lagi.

Nah, ini dia tips nya Supaya total indexs website anda meningkat secara Signifikan dan tahan terupdate yang terjadi, ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk itu.

1. Perbanyak Konten Berkualitas

Tentu saja, yang pertama kali adalah perbanyak dulu konten website anda. Namun, konten anda juga harus berkualitas. Ingat, tidak semua yang dirayapi google akan diindeks. Selain itu konten yang berkualitas juga akan menjadi pemikat pengunjung untuk mengunjungi situs anda.

2. Sitemap

Website anda harus memiliki sitemap yang disubmit ke google webmaster (Google webmaster tools > Crawl > Sitemaps). Sitemaps ini akan mempermudah google untuk melakukan perayapan dan menunjukkan bahwa anda serius. Jenis sitemap yang bagus adalah XML sitemap.

3. Tingkatkan Internal-Linking

Internal linking yang efektif akan memudahkan googlebot untuk merayapi situs anda. Internal links ini bisa diibaratkan sebagai pintu-pintu masuk ke halaman yang akan diindeks google. Jadi, semakin banyak internal link, semakin cepat perayapan googlebot dan itu bisa menjadi nilai tambah untuk pengindeksan.

4. Bersihkan Duplikat Konten Yang terdeteksi di Webmaster

Di google webmaster tools, fitur HTML improvement/Pengembangan HTML (GWT>Search appearance>HTML improvement) yang mendeteksi ada atau tidaknya konten duplikat di website anda. Konten duplikat terjadi apabila halaman yang berbeda di website anda memiliki meta deskripsi yang sama atau title yang sama.

5. Gunakan Data Terstruktur (Structure Data)

Google webmaster tools ada fitur data terstruktur untuk membantu googlebot mengenali konten di website anda. Data terstruktur ini akan memberitahu anda jika mesin pencari tidak dapat mendeteksi informasi dari konten anda seperti siapa penulisnya, tanggalnya, deskripsinya, judulnya dan sebagainya.

6. Submit Halaman Secara Manual dengan fitur Fecth As Google (Ambil sebagai Google)

Fitur lain dari google webmaster tools adalah anda dapat “menyuruh” googlebot untuk merayapi halaman web anda sesuai dengan url yang anda masukkan. Hal ini dapat memperbanyak indeks blog anda jika halaman tersebut tidak secara otomatis dirayapi oleh google. Fitur fetch as google ini bisa anda gunakan melalui Google webmaster tools > Crawl > fetch as Google.

BACA JUGA :

Inilah Alasan Blogger Wajib Submit Artikel

Itulah 6 cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan indeks status web anda di mesin pencari google. Punya pendapat lain? jangan sungkan untuk berbagi di komentar :). Semoga bermanfaat untuk kalian semua!!

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *