Syarat Menjadi Affiliate Amazon

  • Whatsapp
images
Amazon.com
Amazon.com

Mungkin anda pernah baca di blog kalau menjadi affiliate Amazon itu bisa menjadi peluang yang sangat menjanjikan. Terutama bagi seorang Blogger atau Youtuber.

Hanya dengan memasang banner atau link affiliate dari e-commerce terbesar Amazon.com. Lalu, anda pun bisa mendapatkan dollar dengan mudahnya.

Sayang sekali, kenyataanya tidaklah demikian. Apalagi jika Anda adalah bukan warga negara U.S. atau negara negara dimana Amazon punya “cabang” Marketplace yang berdomisili di negara negara tersebut.

Untuk bisa menjual produk dari Amazon tidaklah semudah apa yang mungkin pernah anda baca di blog blog. Yang ceritanya bisa menghasilkan penghasilan tetap hanya dari komisi Affiliate. Benarkah?!

Ya! mungkin itu bisa jadi, jika anda punya website/blog yang solid dan anda adalah warga negara berikut:

  • Amerika (U.S.)
  • United Kingdom (UK)
  • Deutschland
  • Perancis
  • Jepang
  • Kanada
  • China
  • Itali
  • Sepanyol
  • India
  • Brazil
  • Mexico
  • Australia

Bahkan bagi para Blogger atau Youtuber yang adalah warga negara U.S. sendiri, itu bukanlah pekerjaan yang mudah. Dan sayang sekali, Amazon tidak buka cabang di Indonesia.

Meskipun begitu, tidak mudah bukan berarti tidak mungkin. Berikut adalah beberapa hal yang perlu anda ketahui dan perlukan yang bisa anda jadikan pertimbangan jika ingin jadi affiliate Amazon. Meskipun anda tidak tinggal di U.S atau negara lain yang saya sebut di atas tadi.

Blog / Website, Apps Atau Chanel Youtube Yang Berbahasa Inggris

Punya website/blog atau chanel Youtube berbahasa Inggris yang sudah punya banyak audience dan trafik adalah syarat mutlak.

Kayaknya aneh gitu, kalau blog anda berbahasa Indonesia tapi mau jualan ke orang U.S, Canada atau UK. Sementara mayoritas pembaca blog anda adalah orang Indo sendiri.

Kalaupun ada orang Indonesia yang beli dari link atau banner affiliate anda, pastinya doi ini adalah orang yang super tajir. Dan kalaupun ada orang U.S yang mengunjungi blog Anda belum tentu ingin beli barang dari Amazon.

Dan jujur saja semenjak saya belajar jadi affiliate marketer, yang saya tau banner tidak benar benar bisa menggundang orang untuk membeli. Kalau yang klik mah banyak. Tapi percuma, karena anda hanya dapat komisi jika anda berhasil menjual suatu produk.

Jadi, punya bahasa inggris yang cukup “mumpuni” adalah aset disini. Untuk anda bisa membuat konten yang baik tentunya. Kalau anda nekat hanya mengandalkan Google Translate, yaa.. itu bisa jadi lelucon. Tidak harus jago amat sih, tapi paling tidak tulisan anda bisa di mengerti umat manusia.

Fakta Tentang Affiliate Amazon Yang Perlu Anda Ketahui

  1. Tahukah anda, bahwa untuk bisa di approve menjadi amazon affiliate anda harus bisa menjual 3 produk dalam jangka waktu 180 hari sebelum anda resmi diterima menjadi Amazon Associate.
  2. Untuk Amazon bisa membayar lewat deposit Anda harus punya Bank di U.S. Minimum balance adalah $10. Dan kalau anda bukan warga U.S dan ingin di bayar langsung lewat check, anda akan di bayar setelah balance anda mencapai minimum $100 terpotong processing fee sebesar $15. Jadi, jika anda tidak punya akun Bank di U.S atau negara terkait. Amazon Gift Card adalah satu satunya pilihan anda dapat menerima bayaran tanpa proses pengiriman check yang membutuhkan waktu dan potongan fee. Batas minimum anda bisa di bayar lewat Amazon gift card adalah ketika balance sudah mencapai $10.
  3. Pastikan menambahkan Chanel Youtube anda di daftar website yang anda miliki di pengaturan akun affiliate anda. Jika tidak akun anda bisa di shutdown.
  4. Di butuhkan nomer telephone wilayah negara U.S untuk mendaftar Affiliate Amazon U.S. begitu juga untuk Marketplace di negara terkait. Jadi kalau ingin daftar Marketplace Amazon U.S anda harus punya nomor telephone U.S. untuk melengkapi prosedur pendaftaran. Tidak punya teman yang tinggal di U.S? tidak masalah, itu bisa di atasi.

Kesimpulan Dan Saran

Itu tadi saudara saudara, beberapa hal yang perlu anda ketahui sebelum berniat menjadi Affiliate Amazon. Tidak mudah memang, tapi bisa jika anda mau berusaha, Apa yang tidak Mungkin? Betulkann.

Saran saya adalah, untuk bisa menjual produk ke orang luar negeri, anda harus jujur dan transparan. Dan hanya rekomendasikan produk yang anda sendiri juga memakainya. Atau paling tidak pernah memakainya sendiri. Lalu rekomendasikan produk lewat konten review atau tutorial yang “bagus.”

Jika menjadi Amazon affiliate terasa bukan untuk anda, karena harus buat website yang berbahasa Inggris dan sebagainya. Alternativenya, anda bisa menjadi affiliate e-commerce local seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, dll

Semoga Paham dan Mengerti dengan artikel Pendek di atas. terimakasih

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *