Plugin WordPress Komplit? Google Site Kit Pastinya.

by

Jika Anda menjalankan situs web WordPress, ada peluang bagus bahwa Anda mungkin menggunakan setidaknya satu dari banyak layanan Google. Anda dapat menggunakan Google Analytics dan / atau Search Console untuk statistik, AdSense untuk monetisasi, PageSpeed ​​Insights untuk analisis kinerja Web atau Situs anda.

Google mengakui bahwa 35% dari web ini didukung oleh WordPress dan banyak dari webmaster WordPress itu menggunakan layanan Google. Jadi, untuk membuat hidup lebih mudah bagi para webmaster itu, Google membuat sebuah plugin resmi yang disebut Site Kit.

Dalam posting ini, saya akan mulai dengan pengantar tentang apa yang dilakukan oleh Situs Kit, membahas pro dan kontra, dan kemudian menunjukkan kepada Anda bagaimana cara mengatur plugin Google Site Kit di situs Anda.

APA YANG DILAKUKAN PLUGIN GOOGLE SITE KIT?

Plugin Google Site Kit WordPress membantu Anda terhubung ke enam layanan Google yang berbeda. Untuk sebagian besar layanan tersebut, ini juga membantu Anda melihat data dari layanan di dalam dasbor WordPress Anda.

Enam layanan yang membantu Anda terhubung dengan plugin Kit Situs adalah:

  1. Analisis
  2. Search Console
  3. AdSense
  4. PageSpeed insight
  5. Optimalkan
  6. Pengelola Tag

Untuk empat yang pertama, Anda akan dapat melihat data dari layanan-layanan di dalam dashboard WordPress Anda. Misalnya, Anda dapat:

  • Lihat kinerja situs Anda di PageSpeed ​​Insights.
  • Lihat data Google Analytics dan Search Console untuk seluruh situs web atau halaman spesifik Anda.
  • Lihat penghasilan AdSense Anda ( plugin juga dapat membantu Anda memasukkan iklan di situs Anda di tempat pertama ).
BACA JUGA : 2 CARA PASANG ADSENSE DI WORDPRESS

Untuk dua yang terakhir, Optimalkan dan Pengelola Tag, plugin Google Site Kit membantu Anda menambahkan skrip integrasi ke situs Anda, tetapi Anda masih perlu menggunakan situs web eksternal untuk membuat / mengelola tes dan tag A / B.

CARA MENGATUR DAN MENGGUNAKAN PLUGIN GOOGLE SITE KIT WORDPRESS

Sebelum saya menunjukkan kepada Anda cara menginstal plugin Google Site Kit di situs Anda, saya pikir penting untuk dicatat bahwa plugin memiliki tinjauan yang beragam di WordPress.org, dengan beberapa orang mengeluh tentang masalah yang dihadapi dalam mengatur plugin.

Secara pribadi, saya telah mengonfigurasi plugin Google Site Kit dua kali pada saat ini dan pengaturannya bekerja dengan sempurna di kedua kali, jadi saya belum mengalami masalah tersebut, meskipun saya mengalami masalah dengan fitur tertentu di kedua kali, yang saya alami akan disebutkan di bawah ini.

Jadi dengan itu, inilah cara mengaturnya ..

1. Instal dan Otorisasi Plugin Google Site Kit

Untuk memulai, instal dan aktifkan plugin Kit Situs. Ini terdaftar di WordPress.org , sehingga Anda dapat menginstalnya langsung dari dasbor WordPress Anda.

Selanjutnya, Anda perlu mengesahkan situs WordPress Anda dengan akun Google Anda. Setelah mengaktifkan plugin, Anda akan melihat prompt untuk memulai pengaturan:

Plugin Google Site Kit di dasbor WordPress
Plugin Google Site Kit di dasbor WordPress

Mengklik tombol itu akan membawa Anda keluar dari situs WordPress Anda ke situs web Google Site Kit. Klik tombol Masuk dengan Google untuk memulai proses otorisasi:

Penyiapan plugin Google Site Kit - langkah 1
Penyiapan plugin Google Site Kit – langkah 1

Pada titik ini, Anda harus melalui antarmuka otorisasi Google normal. Ini terutama melibatkan memilih akun Google Anda dan mengklik tombol yang mengatakan Izinkan :

Penyiapan plugin Google Site Kit - langkah 2
Penyiapan plugin Google Site Kit – langkah 2

Kemudian, Anda perlu mengotorisasi situs WordPress Anda dengan Kit Situs, yang dapat Anda lakukan dengan plugin dengan mengeklik tombol Lanjutkan :

Penyiapan plugin Google Site Kit - langkah 3
Penyiapan plugin Google Site Kit – langkah 3

Jika Anda belum menyiapkan Google Search Console untuk situs web Anda, Anda juga dapat meminta Google secara otomatis menambahkan situs Anda ke Search Console sebagai bagian dari proses ini:

Penyiapan plugin Google Site Kit - langkah 4
Penyiapan plugin Google Site Kit – langkah 4

Setelah Anda menyelesaikan proses pengaturan Kit Situs dasar, Anda akan melihat permintaan untuk kembali ke dasbor WordPress Anda.

2. Sambungkan ke Layanan Tambahan

Pada titik ini, situs WordPress Anda hanya terhubung ke Google Search Console.

Untuk terhubung ke layanan tambahan, buka pengaturan plugin Google Site Kit dengan membuka Site Kit → Settings .

Kemudian, klik tab Connect More Servicesuntuk mengakses layanan tambahan.

Untuk menghubungkan layanan, klik tombol Atur … untuk layanan itu. Misalnya, Siapkan PageSpeed ​​Insights :

Plugin Google Site Kit: cara menghubungkan layanan Google
Plugin Google Site Kit – cara menghubungkan layanan Google

Untuk beberapa produk, Anda mungkin harus melalui proses otorisasi lain untuk mengatur semuanya. Tapi seperti sebelumnya, yang perlu Anda lakukan adalah mengklik beberapa tombol.

Dan itu cukup banyak untuk menyiapkan plugin Google Kit Situs WordPress. Sekarang, mari kita periksa cara menggunakan kekuatan baru Anda …

BACA JUGA : PLUGIN WORDPRESS AUTOBLOGGING TERBAIK

CARA MENGGUNAKAN PLUGIN GOOGLE SITE KIT WORDPRESS

Untuk melihat data dari semua layanan yang terhubung, Anda akan menggunakan tab Kit Situs baru di dasbor WordPress Anda.

Dasbor

Dasbor utama memperlihatkan kepada Anda contoh data tingkat tinggi dari semua layanan yang telah Anda sambungkan. Misalnya, Anda akan melihat:

  • Sumber lalu lintas keseluruhan untuk situs web Anda
  • Telusuri data saluran
  • Kueri dan konten pencarian paling populer Anda:
Pengaya Google Site Kit - dasbor utama
Pengaya Google Site Kit – dasbor utama

Anda juga dapat menggunakan sakelar untuk mengubah periode waktu yang Anda lihat.

Jika Anda menggunakan AdSense, Anda juga akan melihat data penghasilan Anda di sini. Dan jika Anda menggulir sepenuhnya ke bawah, Anda akan melihat data kinerja dari PageSpeed ​​Insights untuk beranda Anda:

Pengaya Google Site Kit - data kinerja PageSpeed
Pengaya Google Site Kit – data kinerja PageSpeed

Jika Anda ingin melihat informasi untuk konten tertentu di situs Anda, Anda dapat menggunakan kotak Pencarian untuk halaman individual atau posting informasi untuk mencari sepotong konten dengan nama:

Plugin Google Site Kit - mencari info spesifik
Plugin Google Site Kit – mencari info spesifik

Kemudian, Anda akan dapat melihat informasi terperinci hanya untuk halaman itu, termasuk:

  • Saluran pencarian
  • Sumber lalu lintas
  • Kueri teratas
  • Kinerja ( yaitu, laporan PageSpeed ​​Insights untuk halaman spesifik ini, dan bukan beranda Anda )
Plugin Google Site Kit - informasi terperinci
Plugin Google Site Kit – informasi terperinci

Tab Khusus

Beberapa layanan yang Anda sambungkan juga mendapatkan tab khusus sendiri di bawah menu Kit Situs .

Anda tidak mendapatkan akses ke banyak informasi baru di sini – misalnya, satu-satunya data baru di tab Analytics adalah gambaran umum audiens Anda.

Tetapi ada satu tambahan bermanfaat di sini yang mungkin tidak Anda sadari:

Plugin Site Kit memberi Anda tautan langsung untuk membuka lebih banyak informasi di layanan yang relevan. Misalnya, Anda dapat mengklik untuk membuka laporan spesifik di antarmuka Google Analytics lengkap:

Plugin Google Site Kit - tab Analytics
Plugin Google Site Kit – tab Analytics

Jika Anda bermata elang, Anda mungkin telah melihat jenis tautan yang sama di Dasbor utama . Tautan di dasbor utama tidak sama – tautan itu hanya membuka konten WordPress Anda di bagian depan situs Anda.

Statistik dari Toolbar WordPress

Selain dasbor backend, Anda juga dapat melihat statistik untuk halaman tertentu dari bagian depan situs web Anda melalui bilah alat WordPress.

Namun, saya sudah mencoba plugin di beberapa situs dan saya tidak bisa mendapatkan statistik untuk dimuat di salah satu dari mereka – animasi pemuatan terus berjalan tanpa batas waktu:

Google Site Kit: masalah dengan tombol bilah alat
Masalah dengan tombol bilah alat

Google tampaknya menyadari masalah dengan tombol bilah alat , jadi semoga ini akan segera diperbaiki .

Inilah yang antarmuka ini seharusnya tampilan:

Plugin Google Site Kit - statistik dari bilah alat WordPress
Plugin Google Site Kit – statistik dari bilah alat WordPress

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN DARI PLUGIN GOOGLE SITE KIT

Kelebihan

  • Menggabungkan banyak produk Google populer menjadi satu antarmuka di dashboard WordPress Anda.
  • Sangat nyaman untuk dapat melihat statistik terpadu tanpa meninggalkan WordPress. Misalnya, Anda dapat melihat kueri pencarian dari Search Console dan analytics dari Google Analytics.
  • Anda dapat dengan mudah menilai kinerja untuk berbagai halaman di situs Anda berkat integrasi PageSpeed ​​Insights bawaan.
  • Proses pengaturan tanpa kode – yang Anda lakukan hanyalah mengklik beberapa tombol.
  • 100% gratis dan didukung secara resmi oleh Google.

Kekurangan

  • Tidak sedetail beberapa plugin yang dibuat untuk layanan tertentu. Misalnya, itu tidak dapat membantu Anda mengatur pelacakan acara Google Analytics, yang merupakan sesuatu yang diperbolehkan oleh plugin Google Analytics.
  • Google nampaknya masih mengerjakan beberapa kekusutan, sebagaimana dibuktikan oleh ulasan WordPress.org dan pengalaman saya dengan statistik di toolbar WordPress. Semoga ini membaik di masa depan.
BACA JUGA : PLUGIN PREMIUM TERBAIK VERSI NOWTIMESID.COM

KESIMPULAN

Secara keseluruhan, plugin Google Site Kit WordPress adalah pilihan baru yang bagus untuk webmaster WordPress, sebagaimana dibuktikan oleh fakta bahwa itu cepat tumbuh untuk digunakan di lebih dari 200.000 situs WordPress.

Sementara Google tampaknya masih bekerja beberapa ketegaran, area dasbor inti bekerja dengan baik dalam pengalaman saya dan saya tidak punya masalah menyiapkan plugin di beberapa situs.

Sulit untuk mengalahkan tingkat kenyamanan yang ditawarkan Site Kit, jadi ini pasti salah satu yang harus Anda periksa untuk situs WordPress Anda.

0

No Comments Yet.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *