Chipset Terbaik Untuk Smartphone Gaming

  • Whatsapp
Qualcomm CPU

Banyak yang Kurang Tahu arti dari ‘Chipset’ di Smartphone, untuk orang Awam seperti Saya kadang kalau Membeli Smartphone tidak melihat ‘Chipset’-nya atau Spek Smartphone tersebut.
Apalagi jika Smartphone tersebut dipakai untuk Bermain Game Berat Seperti PUBGM, Mobile Legends dan Game Berat Lainnya yang memakan Kinerja Smartphone Full.



Langsung saja saya Jelaskan Pengertian Chipset, Fungsi dan Chipset terbaik Untuk Smartphone Gaming.

Pengertian Chipset :

Chipset merupakan kumpulan dari IC yang ukurannya sangat kecil yang sering disebut sebagai chips. Chips ini saling bekerjasama antara satu dengan lainnya agar dapat menunjang kinerja perangkat keras komputer. Selain itu, chipset sendiri bertindak sebagai layaknya polisi lalu lintas yang tugasnya mengarahkan aliran data serta menentukan perangkat mana saja yang didukung personal komputer.
 
Misalnya saja, chipset bertugas untuk mengarahkan data dari CPU (processor) untuk menuju perangkat lain seperti kartu VGA atau RAM. Chips terdapat di dalam Motherboard, dan di dalam Motherboard itu ada banyak sekali Chips yang salin terhubung. Bila satu Chips rusak, maka hampir bisa dipastikan komputer tidak akan bisa digunakan.

Baca Juga : 3 Smartphone Terbaik Untuk Para Wanita!! 

 

Fungsi Chipset :

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, chipset memiliki fungsi mengatur lalu lintas data yang ada di daam komputer. Misalnya saja, saat pertama kali menyalakan komputer maka komponen pertama yang menyala adalah processor. Pada saat tersebut, processor mulai bekerja dan kemudian hardisk akan melakukan loading sistem operasi.
 
Setelah itu dilanjutkan dengan proses booting yang mana membutuhkan kapasitas RAM. Dan semua proses tersebut dikelola oleh chipset, yang mana chipset mengatur aliran-aliran data yang ada mulai dari harddisk, processor, RAM, dan perangkat lainnya sehingga komputer anda bisa bekerja dengan baik. Chipset juga bekerja untuk menentukan kecepatan dari bus memory, front-side, bus grafis, kapasitas, serta tipe memori yang didukung motherboard.
 
Lain hanya dengan chipset yang terdapat di dalam video card yang memiliki fungsi mengontrol rendering grafik 3 dimensi serta output yang berbentuk gambar yang terlihat pada monitor. Juga ada jenis chipset yang terdapat pada motherboard memiliki fungsi mengontrol input serta output yang mendasar di komputer.
 
Singkatnya, chipset yang terletak pada motherboard memiliki fungsi untuk mengatur aliran data yang berasal dari satu komponen ke komponen lainnya. Semisal, mengarahkan data yang beradal dari CPU untuk menuju kartu grafis (Video Card) ataupun ke RAM (sistem memori), dan juga mengarahkan aliran data untuk melalui drive IDE< bus PCI, dan port I/O.
 

Chipset Terbaik Untuk Smartphone Menurut Now Times ID :

1. Exynos 9820



Smartphone yang pertama ada Exynos 9820, di mana Chipset Exynos 9820 dirancang oleh Samsung untuk memaksimalkan kecerdasan pada smartphone. Dilengkapi dengan tambahan GPU Mali-G76 MP12 dengan kinerja tinggi, Exynos 9820 menawarkan kamu pengalaman bermain game yang sangat papan atas.

Chipset Exynos 9820 memiliki performa unggul yang bisa digunakan untuk multitasking dan dapat menghasilkan kinerja superior yang tahan lama dengan kemampuan akses memori yang telah disempurnakan.

2. Apple 12 Bionic



Chipset Apple A12 Bionic adalah sistem ARM 64-bit pada sebuah SoC yang dirancang dan dikembangkan oleh Apple Inc. Chipset Apple A12 Bionic ada di iPhone XS, XS Max, XR, dan versi terbaru dari iPad Air dan iPad Mini. Chipset ini memiliki dua core yang bekerja lebih cepat dan lebih hemat energi ketimbang Apple A11.


A12 Bionic memiliki hardware untuk jaringan khusus yang biasa disebut ‘Next-generation Neural Engine’. Hardware jaringan khusus ini memiliki 8 core yang dapat bekerja hingga 5 triliun operasi 8-bit perdetiknya.

3. Kirin 980




Kirin 980 menggabungkan berbagai inovasi teknologi terbaru untuk meningkatkan kinerja smartphone agar lebih cepat. Kirin 980 biasanya digunakan untuk smartphone buatan Huawei dan Honor.

Chipset ini juga menggunakan ISP pengurangan noise multi-pass untuk menjaga detail penting dan kualitas gambar. Kirin 980 juga dilengkapi CPU ringan yang dapat mengurangi konsumsi daya, sehingga memberikan smartphonemu masa pakai baterai yang lebih lama, alias irit!

4. Snapdragon 855+




Salah satu chipset terbaik buatan Qualcomm untuk smartphone gaming adalah Snapdragon 855+. Chipset ini di buat khusus untuk bermain game, dengan kinerja canggih, produksi grafis yang lebih sempurna, peningkatan kinerja CPU, dan konektivitas 4G dan 5G yang semakin kuat.

Chipset Snapdragon 855+ dilengkapi dengan kemampuan canggih dan kecerdasan uktra-responsif. Chipset ini juga menawarkan teknologi audio premium dengan suara surround real-time.

Meskipun Snapdragon Lebih Mempuni dibanding Exynos, untuk Bermain Game. 
Oh iya, Menurut Now Times ID yaa, Pendapat orang kan Beda bedaa jadi kita Hargai. 

Sumber : theverge.com

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *