Cara Mendapatkan Kartu Prakerja dengan Sangat Mudah

  • Whatsapp

Mulai Tanggal 11 April 2020 Kemarin, Pemerintah secara resmi telah meluncurkan Program Kartu Prakerja. Setiap orang yang diterima dalam program pendidikan ini, akan mendapatkan dana dari pemerintah sebesar Rp 3,55 juta.

Hal itu disampaikan oleh Menko Perekonomian Airlangga Hartarto. Ia mengungkapkan dana itu nantinya bisa dimanfaatkan untuk biaya pelatihan hingga membeli sembako.

Airlangga merinci, bantuan untuk biaya pelatihan sebesar Rp 1 juta untuk membeli program yang diinginkan melalui platform digital yang sudah bekerja sama dengan pemerintah.

Kemudian, insentif sebesar Rp 2,4 juta yang akan dibayar secara angsur. Artinya setiap bulan peserta kartu pra kerja akan mendapatkan Rp 600 ribu per bulan selama empat bulan.

“Insentif akan dilaksanakan atau ditransfer melalui rekening bank, e-wallet, LinkAja, Gopay dan OVO milik peserta. Insentif ini terdiri dari dua bagian, yakni pasca atau setelah penuntasan pelatihan pertama,” kata Airlangga saat merilis program kartu pra kerja, Sabtu.

Peserta juga akan mendapatkan insentif tambahan setelah menyelesaikan pelatihan dan mengisi survei evaluasi yang sebesar Rp 150.000 selama tiga kali survei. Artinya peserta yang mengisi survei evaluasi akan menerima Rp 50.000.

Apa Itu Program Kartu Prakerja?

Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat Indonesia yang ingin memiliki atau meningkatkan keterampilannya. Karena kami percaya bahwa masyarakat Indonesia sesungguhnya ingin selalu meningkatkan kemampuannya. Didesain sebagai sebuah produk, program ini dikemas sedemikian rupa agar memberikan nilai bagi pengguna sekaligus memberikan nilai bagi sektor swasta. Jalan digital melalui marketplace dipilih untuk memudahkan pengguna mencari, membandingkan, memilih, dan memberi evaluasi. Karena hanya dengan cara ini, produk bisa terus diperbaiki, tumbuh, dan relevan. Menggandeng pelaku usaha swasta, program ini adalah wujud kerjasama pemerintah dan swasta dalam melayani masyarakat. Gotong royong. Demi SDM Unggul, Indonesia Maju. sumber: prakerja.go.id

Untuk Siapa?

Kartu Prakerja tidak hanya untuk mereka yang sedang mencari pekerjaan, namun juga buruh, karyawan dan pegawai. Pendeknya, semua warga bangsa yang berusia 18 tahun ke atas dan tidak sedang sekolah atau kuliah, boleh mendaftar. Karena kami percaya, belajar dan berlatih semestinya tak mengenal usia. Lifelong learning. Namun prioritas diberikan pada pencari kerja usia muda. Karena langkah pertama di dunia kerja akan membawa pada langkah-langkah selanjutnya yang lebih gemilang di masa depan.

Solusi Pemerintah Melalui Kartu Prakerja

  1. Membantu meringankan biaya pelatihan yang ditanggung pekerja dan perusahaan.
  2. Mengurangi biaya untuk mencari informasi mengenai pelatihan.
  3. Mendorong kebekerjaan seseorang lewat pengurangan missmatch.
  4. Menjadi komplemen dari pendidikan formal.

Sampai sini paham kan?, lanjut Cara Mendapatkan Kartu Prakerja tersebut.

Cara Mendapatkan

LANGKAH 1

Daftarkan dirimu di Website : Prakerja

Sebelum daftar, pastikan kamu:

  • WNI
  • Minimal berusia 18 tahun
  • Sedang tidak menempuh pendidikan formal.
  • Telah di PHK oleh Perusahaan Akibat Pandemic Covid19.

Setelah Daftar Data Anda akan di Verifikasi Melalui Kotak masuk Email Anda.

Sumber : prakerja.go.id

FYI : Upload KTP dan Selfie KTP Maksimal Size 2 MB. Jika Gagal Menggunggah File tolong lakukan di jam-jam non-sibuk. (Contoh: Jam 12 Malam, Jam 5 Pagi Sampai Jam 12 Siang.)

LANGKAH 2

Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Tes ini bertujuan untuk mengenali kompetensi dan potensi yang kamu miliki. Penggunaan alat bantu corat-coret seperti kertas, pensil/pulpen diperbolehkan untuk menyelesaikan soal.

LANGKAH 3

Pilih Pelatihan yang Kamu Inginkan

Pastikan kamu mengikuti dan menyelesaikan semua kelas pelatihan yang kamu pilih.

Setelah Selesai mengikuti langkah – langkah di atas anda tinggal menunggu Evaluasi dari Pemerintah. Bisa di Cek secara Berkala pada halaman Dashboard Seperti Gambar di Bawah :

Sedang Evaluasi

Kesimpulan

Gunakan Kartu Prakerja dengan sebaik-baiknya Karena Pemerintah Mengupayakan Peringanan untuk Kita/Warga Indonesia yang menggangur/yang terkena dampak pandemic Covid19 ini.

Latihan Kemampuan dasarmu dengan Cara Daftar di Mitra Platform Digital yang sudah Tertera di Website Prakerja.go.id .

Seperti Tokopedia, Bukalapak, SkillAcademy, MauBelajarApa, Pintaria, SekolahMu, Kemenaker, dan Pijar Mahir.

Update Program Kartu Prakerja.

Tercatat Ada 168.111 orang berhasil Lolos Gelombang 1

Tercatat Ada 288.154 orang berhasil Lolos Gelombang 2.

Bagi Anda yang tak lolos program Prakerja gelombang 1, 2 dan 3, Anda bisa mengikuti gelombang 4 dan berikutnya, sebab program ini akan digelar hingga November 2020. Penyebab, banyak pendaftar yang tidak lolos tahap verifikasi akhir, yaitu pengenalan wajah atau face recognition.

Memasuki gelombang ketiga, jumlah pendaftar program Kartu Prakerja makin meningkat. Hingga Selasa (28/4) malam, total jumlah pendaftar sejak gelombang pertama mencapai 8,6 juta orang.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *