5 Cara Antisipasi Berita Hoax

  • Whatsapp
IMG_20200227_164948

Berita palsu atau berita bohong atau hoaks (bahasa Inggris: hoax) adalah informasi yang sesungguhnya tidak benar, tetapi dibuat seolah-olah benar adanya. Hal ini tidak sama dengan rumor, ilmu semu, maupun April Mop. Sebelum saya Menjelaskan 5 Cara Antisipasi Berita Hoax , saya akan Jelaskan Arti / Apa itu Hoax? .

Pengertian Hoax

Menurut KBBI, Hoaks mengandung makna berita bohong, berita tidak bersumber. Menurut Silverman (2015), hoaks merupakan sebagai rangkaian informasi yang memang sengaja disesatkan, tetapi “dijual” sebagai kebenaran. Menurut Werme (2016), mendefiniskan Fake news sebagai berita palsu yang mengandung informasi yang sengaja menyesatkan orang dan memiliki agenda politik tertentu. Hoaks bukan sekadar misleading alias menyesatkan, informasi dalam fake news juga tidak memiliki landasan faktual, tetapi disajikan seolah-olah sebagai serangkaian fakta. sumber : Wikipedia.com

hoaks

Di Atas Sudah saya Jelaskan Pengertian / Apa Itu Hoax. Kembali Ke Topik Diatas , Berikut cara nya :

Memeriksa Ulang Judul Berita Provokatif.

Judul Berita Kerap dipakai sebagai jendela untuk Mengintip keseluruhan tulisan. Namun tak Jarang hal itu dimanfaatkan para penyebar berita Palsu dengan mendistorsi judul yang provokatif meski sama sekali tak relevan dengan isi berita. Disarankan Pembaca untuk mengecek sumber berita lain agar informasi yang diterima bukan hasil rekayasa.

Meneliti Alamat Situs Web

Dewan Pers memiliki data lengkap semua institusi Pers resmi di Indonesia. Data yang terhimpun itu bisa digunakan oleh pembaca sebagai referensi apakah sumber berita yang dibaca memenuhi kaidah jurnalistik sebagai aturan Dewan Pers. Cukup Mengetik Alamat situs berita di kolom data pers, pembaca dapat mengetahui status media yang mereka Konsumsi berdasarkan standar Dewan Pers.

Membedakan Fakta dengan Opini.

Mengajurkan Pembaca tidak menelan Mentah-Mentah ucapan seorang narasumber yang dikutip oleh situs berita. Sering kali hal itu luput dari pembaca karena pembaca terlalu cepat mengambil kesimpulan. Semakin banyak Fakta yang termuat di situs Berita, makin banyak Kredibel berita itu.

Cermat Membaca Korelasi Foto dan Caption yang Provokatif.

Persebaran foto Provokatif dengan imbuhan tulisan yang telah disunting. Cara termudah Menguji Keabsahan informasi dari foto yang diterima, Pembaca bisa membuka Google Image di aplikasi penjelajah lalu menyeret foto yang dimaksud ke kolom pencarian.

Ikut Serta Dalam Komunitas di Media Sosial.

Seperti Masyarat Anti Hoax (Mafindo), Komunitas Cegah Hoax, dan APJII ( Asosiasi Penyelengara Jasa Internet Indonesia).

Baca Juga :

Tips Mencegah Hoax di Aplikasi WhatsApp

Kesimpulan

Jangan Terlalu Cepat Menilai Fakta Berita yang anda Dapatkan, lihat terlebih dahulu Sumber Berita tersebut.

Semoga Menambah Informasi Anda, Salam Indonesia Anti Hoax !.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *