Apa Kabar NEW NORMAL?

  • Whatsapp

Sesuai Judul, disini saya akan membahas tentang Perkembangan Pandemic Covid-19 di Indonesia.

Perkembangan selama 8 Bulan, dari bulan Maret sampai Oktober tepatnya Hari Minggu tanggal 25 Oktober 2020.

Bacaan Lainnya

Statistik selama 8 bulan seperti gambar di atas.

Positif : 389.713 Jiwa/Penduduk Indonesia

Sembuh : 313.764 Jiwa/Penduduk Indonesia

Meninggal : 13.299 Jiwa/Penduduk Indonesia

*per 25 Oktober 2020 34 Provinsi 501 Kab/Kota

Upaya pemerintah dalam Menanggulangi Bencana Pandemic ini menurut saya cukuplah-cukuplah, dengan Membujuk Melakukan 3M. apa itu?

Apa itu 3M?

1. Memakai Masker

Pemerintah di Awal Bulan Covid19 sekitar Maret/April pernah Menyampaikan bahwa “Wajib memakai Masker untuk Orang Sakit”. Buktinya? Sekarang Semua Wajib Pakai Masker, dengan di kenakan sanksi Materi bagi pelanggar Rp 100rb.

2. Menjaga Jarak

Physical Distancing 1-2 Meter.

3. Mencuci Tangan

Mencuci tangan Setiap hari atau sesudah melakukan aktifitas.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito (1/10) menegaskan, kunci utama memutus mata rantai Covid-19 adalah disiplin 3M.

Hanya, kepatuhan protokol kesehatan akan efektif mencegah penularan akan lebih mudah dilakukan jika pelaksanaannya kolektif, tidak sendiri-sendiri “Masyarakat perlu saling mengingatkan orang lain agar bisa mematuhi protokol kesehatan seperti kita,” ujar Wiku di Istana Presieden pekan lalu.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan Universitas Indonesia, mencuci tangan dengan sabun menurunkan risiko penularan 35%, memakai masker kain menurunkan risiko penularan sebanyak 45% dan memakai masker bedah 70%.

Sementara menjaga jarak minimal 1 meter bisa menurunkan penularan 85%Perlawanan Virus Corona akan membawa hasil maksimal kalau semua pihak menjalankan protokol kesehatan dengan disiplin, sesuai #ingatpesanibu. Tak hanya melaksanakan 3M tapi harus dipastikan pelaksanaannya benar.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19 Reisa Broto Asmoro menambahkan, pelaksanan #pakaimasker, #jagajarak dan #cuci tangan harus dilakukan benar dan tidak asal-asalan. “Mari kita membiaskan diri dengan protokol kesehatan, ingat pakai masker dengan baik dan benar, jangan asal-asalan, tutupi bagian hidung sampai dagu,” kata yang akrab disapa dokter Reisa ini beberapa waktu lalu.

#DIRUMAHAJA

Stay safe Everyone, #dirumahaja jika tidak ada keperluan Penting.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *