Apa itu SEO dan Bagaimana Cara Kerjanya?

  • Whatsapp
Optimasi mesin pencari, atau search engine optimization (SEO), telah menjadi salah satu istilah paling populer dalam bidang pemasaran dan pembuatan konten. SEO diproyeksikan menjadi salah satu saluran pemasaran yang paling prospektif saat ini. Menurut Statista, 32 persen pemasar global percaya bahwa SEO akan mendatangkan return of investment (ROI) tinggi dibanding saluran-saluran pemasaran lainnya.
Melihat peningkatan peran SEO dalam pengembangan bisnis secara online, penting bagi kita untuk mengetahui dasar-dasar cara kerjanya. Namun, sebelum mendalami SEO, kita harus mengetahui bagaimana search engine seperti Google mendata dan menyortir situs web.

Cara kerja search engine

Secara garis besar, search engine atau mesin pencari memiliki dua fungsi utama, yaitu:
  • Mengumpulkan laman web dalam indeks, dan
  • Menyajikan daftar laman web yang relevan dengan pencarian para pengguna.
Mesin pencari seperti Google menyusun indeks menggunakan program komputer bernama crawler. Tiap crawler bertugas mengunjungi laman web dan mengumpulkan data seperti URL, judul, hingga tag atau kata kunci. Setelah itu, crawler akan pindah ke laman-laman lainnya melalui tautan yang tercantum di laman tersebut, melakukan pendataan serupa, dan seterusnya.
Ilustrasi cara kerja crawler.

Ilustrasi cara kerja crawler.

Yang perlu diperhatikan dalam SEO

Dalam pengaplikasian SEO dan untuk memahami pengertian SEO, ada beberapa hal yang perlu di perhatikan:

1. Kompetisi

Semakin banyak (jumlah) bisnis yang ingin berada di halaman pertama, maka kompetisi semakin tinggi.
Apabila jumlah pencari (Anda bisa research menggunakan keyword planner) semakin banyak, biasanya kompetisi semakin tinggi.
Saat kompetisi di nilai tinggi, maka strategi SEO yang di perlukan semakin kompleks (dan akan membutuhkan keahlian dan biaya yang semakin tinggi)

2. Website

Website memiliki peranan penting dalam SEO. Dalam pembuatan website, anda perlu membuat website yang Search Engine Friendly (SEF).
Kami sangat memperhatikan hal ini untuk setiap client kami karena kami mengerti betapa penting untuk website dapat dengan mudah di temukan di mesin pencari.

3. SEO Strategy

Banyak yang bilang kalau mereka mengerti tentang bagaimana mengaplikasikan strategi SEO. Tetapi perlu anda ketahui, banyak yang menggunakan cara-cara illegal untuk membuat tujuan mereka tercapai.
Mereka yang menyalahgunakan pengertian SEO, menggunakan strategi illegal ini di sebut juga dengan Black-Hat-SEO.
Anda HARUS mengaplikasikan White-Hat-SEO. Anda dapat mempelajarinya dari berbagai sumber terpercaya seperti dari Distilled, Moz, dsb, atau menggunakan jasa professional terpercaya.
fyi, White-hat-SEO tidak sulit namun memang membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun hasilnya akan lebih baik daripada mereka yang menggunakan Black-Hat atau Gray-Hat di masa depan.

Lebih baik anda mendiskusikan penggunaan dan pengertian SEO kepada mereka yang telah mempelajari SEO sebelumnya atau kepada kami. Karena dalam melakukannya, akan ada beberapa hal yang perlu anda mengerti hingga anda mendapatkan hasil yang baik juga.
Semoga Bermanfaat bagi kalian semua dan menambah informasi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *