Apa Itu Hand Sanitizier dan Cara Membuatnya? Ternyata Mudah

  • Whatsapp
stock-photo-coronavirus-prevention-medical-surgical-masks-and-hand-sanitizer-gel-for-hand-hygiene-corona-virus-1661207908-1

Sekarang Maraknya Penjual Hand Sanitizier Buatan sendiri atau DIY ( Do it Yourself), dikarenakan Wabah Virus Covid-19 , Masyarakat berbondong bondong membuay dan menjualnya dengan Harga yang cukup ‘Menarik’.

Dikarenakan juga Bahan – bahan Hand Sanitizier yang lumayan Langka untuk saat ini. Sesuai dengan Artikel Apa itu Hand Sanitizier? Dan Cara membuatnya bagaimana? Langsung saja.

Apa Itu Hand Sanitizier?

Pembersih tangan (bahasa Inggris: hand sanitizer) adalah cairan atau gel yang umumnya digunakan untuk mengurangi patogen pada tangan. Pemakaian pembersih tangan berbasis alkohol lebih disukai daripada mencuci tangan menggunakan sabun dan air pada berbagai situasi di tempat pelayanan kesehatan.

Pembersih tangan umumnya lebih efektif membunuh mikroorganisme dan lebih ditoleransi oleh tangan dibandingkan sabun dan air. Walaupun demikian, mencuci tangan harus tetap dilakukan jika kontaminasi dapat terlihat atau setelah menggunakan toilet. 

Pembersih tangan berbasis nonalkohol tidak direkomendasikan untuk digunakan secara umum. Di luar tempat layanan kesehatan, keefektifan penggunaan pembersih tangan sebagai pengganti cuci tangan tidak didukung oleh bukti yang baik. Pembersih tangan tersedia dalam bentuk cairan, gel, dan busa.

Pembersih tangan berbasis alkohol biasanya mengandung beberapa kombinasi isopropil alkohol, etanol (etil alkohol), atau n-propanol. Kandungan alkohol 60 hingga 95% terbukti paling efektif. Namun, penggunaannya harus berhati-hati karena mudah terbakar.

Cara Mudah Membuat Hand Sanitizer di Rumah


Cara mudah membuat hand sanitizer sederhana ini dibagikan oleh Peneliti Lembaga Penelitian Indonesia (LIPI). Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, Agus Haryono menyampaikan, masyarakat bisa membuatnya sendiri karena bahan-bahannya tersedia di toko-toko kimia.
 
“Jadi masyarakat tidak perlu panik dan khawatir,” kata Agus dalam keterangan persnya.

Agus menyebut, bahan-bahan yang dibutuhkan untuk pembuatan hand sanitizer sederhana adalah 50 mililiter air yang berfungsi sebagai pelarut, kemudian 200 mililiter Ethanol berkadar alkohol 95 persen yang berfungsi sebagai antiseptik.
 
Lalu satu sendok teh Carbomer untuk pengental, 33 mililiter Propylene glycol yang berfungsi sebagai pelembab, dan tiga tetes Triethanolamine yang berfungsi sebagai pengikat pH.
 
“Formula ini menghasilkan 250 mililiter hand sanitizer berkadar alkohol 63 persen,” jelas Agus.

Ia menegaskan, dalam proses pembuatan hand sanitizer ini tetap harus dalam pengawasan orang dewasa dan dihindarkan dari anak kecil. Setelah bahan-bahan yang dibutuhkan komplit, tahap berikutnya adalah proses pembuatan.

Cara membuatnya, jelas jebolan Waseda University, Jepang ini, pertama campurkan air dan Propylene glycol ke dalam wadah bersih dipanci aluminium atau pinggan pyrex sambil dipanaskan dan diaduk.

Lalu tambahkan Carbomer sedikit demi sedikit, sampai temperatur mencapai 80-90 derajat dan semua bahan tercampur dan larut sempurna. Proses selanjutnya adalah penambahan Triethanolamine agar campuran tersebut berubah menjadi gel.

Lalu penambahan ethanol, ini juga dilakukan sedikit demi sedikit ke dalam campuran gel. “Tahap ini dilakukan tanpa proses pemanasan, untuk menghindari penguapan dan pengadukan dilakukan selama kurang lebih 15 menit hingga hand sanitizer yang berbentuk gel ini siap digunakan,” terangnya.

Ia pun berharap, masyarakat bisa membuat sendiri hand sanitizer-nya. Meskipun sederhana, ini mumpuni untuk menjaga tangan tetap higienis dan mencegah penyebaran virus korona.

“Diharapkan masyarakat bisa membuatnya sendiri di rumah, sehingga kepanikan masyarakat terhadap penyebaran virus Corona dan kelangkaan hand sanitizer bisa teratasi,” jelas Agus.

Atau Cara dengan Menambah Aroma pada Pembersih tangan yang anda buat.

Alat dan Bahan

  • 1/3 Cangkir Aloe vera
  • 2/3 Gelas Isopropyl Alcohol 91%
  • Minyak esensial (Optional), disesuaikan dengan aroma kesukaan
  • Botol Spray
  • Sendok dan Mangkuk untuk tempat pengaduk

Cara Membuatnya :

  1. Siapkan Mangkuk dan sendok untuk menggabungkan seluruh bahan.
  2. Campurkan Isopropyl Alcohol 91% dengan lidah buaya. Usahakan untuk menggunakan Alcohol 90% ke atas, karena jauh lebih efektif untuk membunuh kuman. Nah, fungsi dari lidah buaya ini membantu agar tangan tidak kering karena kandungan alcohol.
  3. Setelah dua bahan tersebut dicampurkan aduk menggunakan sendok sampai merata ya, Mams.
  4. Masukkan beberapa tetes minyak esensial. Jangan terlalu banyak karena itu dapat membuat kulit anda kering, cukup 5-7 tetes saja. Minyak esensial ini memilik sifat antimikroba yaitu dapat mengganggu metabolisme mikroorganisme.
  5. Aduk kembali bahan-bahan sampai rata.
  6. Siapkan botol spray, pastikan botol bersih. Setelah itu, masukan gel hand sanitizer buatan Mama ke dalam botol yang telah disiapkan.
  7. Tutup botol dengan erat. Kemudian, semprotkan hand sanitizer ke tangan seluruh anggota keluarga.

Perlu dicatat juga ya, kalau mencuci tangan menggunakan sabun dengan cara yang benar jauh lebih efektif. Hand sanitizer merupakan pilihan kedua dan cara cepat untuk menjaga tangan Anda agar tetap bersih.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *