Apa itu Backlink? Pengertian dan Manfaat Backlink

by

Pertanyaan yang sesuai judul memang merupakan hal yang biasa di tanyakan bagi orang yang belum memahami SEO, ya Backlink menurut para jasa SEO, internet marketing mungkin sudah tak lagi asing dengan istilah ini, namun artikel ini di peruntukan bagi siapa saja yang ingin belajar dan mengetahui berbagai istilah yang ada di SEO, dan kali ini yang akan Saya bahas Adalah Tentang BACKLINK .

Apa itu Backlink ?

Backlink adalah sebuah link yang di tanamkan di berbagai website lain dan mengarahkannya ke website Anda atau website lain yang sedang di optimasi. Fungsi dan manfaat dari backlink sangat penting untuk  meningkatkan tingkatan website Anda pada mesin pencari dan juga bisa meningkatkan popularitas website Anda serta menaikkan pagerank .

Backlink adalah inbound link yang mana pengertiannya adalah link yang masuk ke sebuah post, halaman atau website. Backlink sangat penting untuk navigasi sebuah website sebelum adanya search engine.

Berikut ini merupakan daftar istilah umum yang berkaitan dengan backlink:

  1. Juice Link: saat sebuah halaman web nge-link ke artikel atau beranda situs web Anda atau sering disebut sebagai inbound link. Juice link ini dapat membantu meningkatkan peringkat artikel dan meningkatkan otoritas domain.
  2. Nofollow Link: saat sebuah situs web link ke website lain tetapi link memiliki tag nofollow maka link ini tidak dianggap sebagai juice link. Secara umum, webmaster menggunakan tag nofollow saat ia menghubungkan ke situs yang tidak relevan. Contoh, link dari komentar di blog lain.
  3. Dofollow Link: secara default, semua link yang Anda tambahkan dalam sebuah posting blog adalah link dofollow dan ini akan lulus juice link.
  4. Linking Root Domain: link ini mengacu pada jumlah backlink yang menuju ke website Anda dari nama domain utama yang unik. Apabila sebuah situs web telah dikaitkan dengan website Anda sepuluh kali maka itu akan dianggap sebagai link dari satu root domain.
  5. Low-Quality Link: link berkualitas rendah adalah link yang berasal dari situs otomatis, situs spam atau situs-situs porno. Link tersebut melakukan jauh lebih berbahaya daripada baiknya. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati saat membeli backlink.
  6. Internal Link: link yang pergi dari satu halaman ke halaman lain dalam domain yang sama disebut link internal dan proses itu sendiri disebut linking sebagai internal. Contohnya adalah saat Anda menghubungkan artikel Anda satu dengan artikel lainnya.
  7. Anchor Text: teks yang digunakan untuk hyperlink disebut anchor text. Backlink dengan anchor text bekerja saat Anda mencoba mengoptimasi untuk hasil pencarian lebih baik dengan kata kunci tertentu.

Backlink juga di bagi menjadi 2 kategori yaitu :

1. One Way Backlink

One way backlink merupakan backlink satu arah, dimana hanya Anda yang menanamkan link ke website-website yang dapat di tanam url website Anda tanpa harus menyertakan backlink kembali ke website tersebut. Contoh teknik one way backlink yang dapat di tanam backlink satu arah yaitu :

  1. Blog Comment. Anda dapat menyertakan url website Anda pada setiap blog comment sesuatu dengan anchor text yang akan Anda optimasi
  2. Signature Forum. beberapa forum memiliki signature yang akan terpasang setiap Anda melakukan post, hal ini dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan backlink 1 arah untuk website Anda.
  3. Social Bookmark. Social bookmark merupakan sebuah website dimana Anda dapat men- Submit website Anda ke website tersebut dan menjadikannya “Bookmark”. Biasanya jika ada orang yang mem-bookmark di browser kini Anda dapat mem-bookmark di suatu website tertentu

2. Reciprocal Backlink

Contoh reciprocal link atau backlink 2 arah yang dapat Anda dapatkan adalah :

  1. Direktori Submit. Direktori submit merupakan sebuah website dimana website tersebut mengklasifikasikan berbagai website dalam kategori-kategori tertentu dan meletakan url website yang di submit kedalam kategori tersebut. Namun biasanya banyak direktori website yang mengharuskan adalah reciprocal link, jadi Anda harus memasang banner, link, dan sebagainya pada website Anda.
  2. Tukar Link. Nah ini biasanya di lakukan para blogger di berbagai komunitas blogger, mereka kebanyakan memang menawarkan tukar link, yang tak lain tak bukan tujuannya untuk mendapatkan backlink.

Dari berbagai contoh di atas, masih banyak beberapa hal yang dapat Anda kembangkan untuk mendapatkan backlink, pada dasarnya setia  orang mengingkan hanya one way backlink karena kita hanya menanam backlink tanpa harus memberikan backlink juga ke website tersebut. Namun tidak ada salahnya untuk sesekali mencari 2 way backlink jika memang benar dirasa website yang akan kita tanam backlink tersebut relevan dan baik di mata search engine.

Manfaat dari Backlink

Backlink mempunyai manfaat sebagai berikut:

  1. Meningkatkan page rank dari website tersebut.
  2. Meningkatkan kualitas SEO dan SERP.
  3. Meningkatkan jumlah pengunjung.

Banyak cara untuk mendapatkan backlink, yakni dengan White Hat dan Black Hat. Cara White Hat biasanya seperti BlogWalking, Tukar Link, Comment, dan lain-lain. Cara Black Hat ada Blog Dummy, Pyramid, Link Wheel, dan lain-lain.

Cukup sekian atas artikel tentang penjelasan backlink ini, jika dirasa bermanfaat silahkan sebarkan artikel SEO ini  dan silahkan bookmark sebagai bahan referensi jika suatu saat dibutuhkan, Terima kasih.

1

No Comments Yet.

What do you think?

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *