Alasan Blogger Wajib Submit ke Search Engine atau Mesin Pencari

  • Whatsapp

Google Search
 
 
Sudah bukan hal baru bagi pengguna internet bahwa mesin pencari merupakan tool atau alat yang sangat berguna dalam pencarian informasi. Mesin pencari sudah seperti alat yang tahu segalanya. Google Search adalah sebuah mesin pencari yang paling banyak digunakan. Beberapa mesin pencari yang populer adalah Bing dan Yahoo.
Namun Google sepertinya yang lebih bisa dikatakan sebagai Raja bahkan Dewa Mesin Pencari. Selain memiliki Algoritma yang canggih, Google juga yang paling diminati dan digunakan pengguna internet. Bahkan istilah mencari informasi dan referensi di internet sudah jarang disebut searching lagi, tapi banyak yang menyebut “Googling”.
Metode Mesin Pencari dalam melakukan pencarian masing-masing memiliki karakteristik sendiri-sendiri. Metode itu mengikuti algoritma yang diterapkan oleh si pembuat mesin pencari. Dengan Algoritma tersebut sebagai senjata dari mesin pencari untuk memberikan informasi ke pengguna yang melakukan pencarian.
Search Engine dapat membaca berbagai hal dalam sebuah blog atau website. Mulai dari Judul, content, kategori, hingga meta tag yang digunakan. Dengan demikian Search Engine bisa memberikan informasi yang sesuai dengan pencarian. Misalkan seseorang melakukan pencarian dengan kata kunci “Komputer” maka Mesin pencari akan menampilkan contend dari website dan blog yang berhubungan dengan kata kunci tersebut.
Mengenai pemeringkatan dalam menampilkan website, semua juga tergantung kembali oleh algoritma mesin pencari. Ada algoritma yang menekankan pada pembacaan content, atau meta tag, atau yang lain. Kembali lagi semua ditentukan pembuatnya. Pembuat sendiri pasti ada alasan sendiri mengapa membangun mesin pencari sedemikian rupa.
Algoritma mesin pencari biasanya juga selalu diupdate. Update ini dimaksudkan agar engine tidak ketinggalan perkembangan teknologi. Meskipun demikian, Mesin Pencari tetap didesain agar bisa menampilkan informasi seakurat dan serelevan mungkin.
Selalu saja ada pihak-pihak yang memanfaatkan dalam artian negatif atau melakukan kecurangan agar bisa selalu tampil di halaman depan mesin pencari. Karena dengan bisa tampil dihalaman depan, peluang untuk diklik akan lebih besar. Caranya misalkan dengan memperbanyak kata kunci tertentu pada blognya, terlalu sering melakukan posting, repost dari posting atau content blog lain, hingga membuat blog yang bisa melakukan posting sendiri atau biasa disebut Auto Generated Content, dan banyak cara-cara lainnya. Pihak yang melakukan kecurangan tersebut biasanya menaruh banyak sekali iklan pada websitenya.
Namun Search Engine tidak begitu saja mudah diakali. Search Engine bisa juga mengenali website dan blog yang melakukan kecurangan, meskipun tidak semua bisa teratasi. Terutama terhadap website dan blog yang melakukan spamming. Google bahkan pernah memblokir domain tertentu karena domain tersebut banyak digunakan untuk membuat website dan blog yang digunakan untuk spam dan berisi content yang tidak bermanfaat karena domain diberikan secara cuma-cuma.
Terdapat beberapa mesin pencari seperti Google dan Bing yang memberikan layanan gratis kepada webmaster atau admin blog. Layanan webmaster tersebut sangat berguna untuk memantau aktifitas website atau blog yang dikelola pada mesin pencari serta aktifitas mesin pencari dalam menjelajahi websitenya.
Jika Anda Masih Bingung apa Arti Search Engine atau Mesin Pencari? Saya beri tahu Search Engine atau Mesin Pencari dan Macam – Macamnya. Berikut ini :

Google

Siapa yang tidak kenal Google? Saat ini, Google adalah mesin pencari yang paling banyak digunakan di dunia. Google memproses jutaan pencarian setiap harinya.

Search engine Google sendiri tersedia dalam 123 bahasa. Google sendiri mengumpulkan jutaan informasi dari penggunanya dan menggunakannya untuk menambahkan fitur untuk mesin pencarinya.

Sebagai mesin pencari yang paling banyak digunakan, Google mengontrol 90% pasar mesin pencarian. Ini menjadikan Google jauh lebih besar jika dibanding dengan kompetitor.

Bing

Bing Search
 
Bing adalah search engine dari Microsoft. Sebelum ada Bing, Microsoft memiliki MSN Search, Windows Live Search, dan Live Search. 
 
Bing adalah search engine terbesar kedua di Amerika Serikat. Bing memegang 20% dari keseluruhan volume pencarian, di belakang Google yang memegang 64% dan Yahoo dengan 12% dari keseluruhan volume pencarian di Internet.
 

Yahoo

Sebelum Google menguasai pasar mesin pencari, Yahoo! adalah salah satu mesin pencari terbesar dunia. Sejak tahun 2011, mesin pencari Yahoo sudah dijalankan oleh Bing.
 
Untuk saat ini, Yahoo adalah mesin pencari terbesar ketiga di US setelah Google dan Bing.
 
Dan itulah Search Engine atau Mesin Pencari yang Paling banyak digunakan diwaktu sekarang. Sebenarnya, Masih banyak Search Engine atau Mesin Pencari yang lain seperti, Yandex.ru, Ask.com, Duckduckgo, Ebay.com.
 

Kesimpulan

Bagi sebuah bisnis, mesin pencari tentunya memberi banyak kemudahan; agar mereka bisa ditemukan banyak orang hanya dengan satu kali klik saja. Di artikel ini kami juga sudah membagikan artikel yang bisa Anda baca untuk meningkatkan ranking website Anda di mesin pencari.
 
Selain itu, kami juga sudah memberi tahu Anda beberapa search engine selain Google, meskipun Google masih tetap memegang predikat sebagai search engine terbaik dan paling popular. Memang ada kemungkinan search engine lain akan menjadi lebih terkenal, bahkan mungkin saja akan ada berbagai search engine baru yang nantinya akan muncul.
 
Tetapi untuk saat ini, Google dan Bing masih memegang predikat search engine paling popular dan paling banyak digunakan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *