5 Produk Gagal Buatan Google dan Gak Laku yang Kalah Saing dengan Apple

  • Whatsapp

5 Produk Gagal Buatan Google dan Gak Laku yang kalah saing dengan Apple.

Google memang sangat terkenal dan memiliki jasa dalam layanan internet yang baik, tapi berbeda dengan gadget buatannya yang gagal dan gak laku di pasaran.

Apakah kamu sering menggunakan layanan Google? Pernah pakai gadget buatan Google?

Produk Buatan Google yang Gagal dan Gak Laku

Google merupakan sebuah perusahaan multinasional asal Amerika Serikat yang bergerak dalam jasa dan produk internet. Perusahaan ini pertama kali didirikan pada 1998 oleh Larry Page dan Sergey Brin.

Perusahaan ini kini berdiri di bawah naungan Alphabet Inc. serta memiliki sejumlah layanan berupa software dan hardware. Salah satu produk paling laris yang dimilikinya adalah Android dan Pixel.

Keberadaan Google saat ini sangat penting, apalagi urusan mesin pencari. Begitu juga dengan sistem operasi smartphone Android yang selalu menjadi andalan banyak orang.

Namun, tak semua produk Google bisa berhasil dan digunakan oleh banyak orang. Bahkan, ada puluhan produk yang hingga gugur di tengah jalan karena tidak laku.

Seperti produk Google berikut ini yang masuk dalam kategori gagal dan tidak laku di pasaran:

1. Google Glass

Gadget Buatan Google Yang Gagal 1 11172
Google Glass

Pertama adalah Google Glass yang pertama kali diperkenalkan oleh para developer pada Februari 2013, tak lama setelah itu lalu dijual secara komersil.

Produk ini dikembangkan oleh Google X atau X yang menginginkan sebuah kacamata dengan sistem Android di dalamnya. Melalui kacamata ini, pengguna dapat merekam video atau foto melalui kamera 5MP.

Walau terlihat canggih, namun teknologi ini banyak dikecam karena mampu mengganggu hukum privasi dan keamanan warga sekitar.

Sehingga pada tahun 2015, produk ini berhenti diproduksi dan diganti menjadi Google Glass Enterprise Edition.

2. Chromecast Audio

Gadget Buatan Google Yang Gagal 2 27fb3

Selanjutnya adalah Chromecast Audio yang merupakan sebuah media caster. Produk ini pertama kali dirilis pada 2015, Chromecast Audio digunakan sebagai aksesoris untuk menghubungkan media elektronik dengan non-smart speaker.

Musik digital yang ditangkap oleh perangkat ini nantinya akan disalurkan ke speaker melalui port 3.5mm. Sayangnya, Google menghentikan produksinya pada Januari 2019 lalu.

3. Chromebook Pixel

Gadget Buatan Google Yang Gagal 3 5a12f

Chromebook Pixel merupakan sebuah produk laptop berkualitas dari Google dengan spesifikasi yang mumpuni. Laptop ini pertama kali dirilis pada 2013 dengan sistem operasi Chrome OS.

Laptop ini ditenagakan oleh prosesor Intel Core i5 dengan pilihan RAM hingga 8GB. Uniknya, laptop ini memiliki rasio layar 3:2 yang cukup aneh untuk laptop modern.

Sayangnya, laptop ini tidak laku di pasaran karena beberapa hal. Salah satunya adalah harga yang mahal dan tidak seluwes OS Microsoft.

4. Google Nexus

Gadget Buatan Google Yang Gagal 4 F5f32

Nah, kalau Google Nexus ini merupakan lini smartphone milik Google sebelum Google Pixel. HP ini menggunakan sistem operasi Stock Android dan menggunakan spesifikasi yang mumpuni.

Google Nexus juga dijual dengan harga yang cukup terjangkau, HP ini mendapat versi pertamanya pada 2010 dan berhenti pada tahun 2016 dengan varian Nexus 5.

Pihak Google memang tidak menghentikan seri Nexus secara resmi. Namun, setelah tidak ada kabar selama 3 tahun dan munculnya Google Pixel, maka bisa dipastikan Nexus sudah mati.

5. Project Ara

Gadget Buatan Google Yang Gagal 5 0d5d0

Siapa yang selalu menginginkan HP dengan fitur modular?

Smartphone pada umumnya hanya memiliki ciri khas sendiri yang tidak bisa diubah. Namun, berbeda dengan model HP modular yang dibuat secara khusus agar bisa dipasangkan sejumlah aksesoris.

Begitu juga dengan Project Ara yang dibuat dengan konsep untuk menciptakan sebuah HP yang bisa diupgrade per bagian. Tadinya, HP ini akan dijual dengan harga dasar 100 USD atau Rp1,4 juta.

Sayangnya, proyek yang ingin dirilis secara komersil pada 2017 ini dibatalkan dengan penyebab yang tidak diketahui. Sehingga Project Ara adalah salah satu proyek Google kece yang gagal.

Dan Masih Banyak Lagi Produk Gagal Buatan Google yang kalah Saing dengan Apple. Semoga Bermanfaat Bagi Kalian Semua. Now Times ID

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *